Sabtu, 30 Juli 2011

RIWAYAT HIDUP BUDDHA GAUTAMA (BAGIAN 1)


Pendahuluan
Pada zaman dahulu ,daerah majjhima desa (daerah Tengah dari Jambudipa sekarang India) di huni oleh suku bangsa Ariyaka yang datang dari Utara pegunungan Himalaya. DI daerah lereng pegunugan Himalaya. Inilah terletak sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Sakka ( pada waktu itu di daerah tersebut banyak sekali terdapat hutan pohon Saka).
Sejarah kerajaan tersebut menurut buku-buku kuno tersebut adalh sebagai berikut =
Seorang Raja bernama Raja Okkaka yang memerintah daerah tersebut mempunyai 4 orang putra ( Okkamukha,karanda,Hatthinika dan Sinipura) dan lima orang putri.
Keempat putra Raja tersebut tidak lama kemudian mohon diri dari Ayahandanya dan bersama dengan saudari-saudarinya berangkat menuju sebuah hutan dengan rombongan akhli-akhli dalam berbagai bidang untuk membangun stu negara baru.
Ditempat itulah mereka menikah di antara mereka bersaudara,terkecuali Putri yang tertua yang menikah dengan raja dari Devadaha. Empat pasangan yang belakangan merupakan leluhur dari dinasti Koliya.
pada suatu waktu Raja yang memerintah di Kota Kapilavatthu adalah Raja Jayasena yang mempunyai seorang putra bernama Sihahanu dan seorang putri bernama Yasodhara.Dan Sihahanu diangkat jadi Raja oleh Ayahnya.
Setelah Raja Sihahanu mangkat, Pangeran Suddhodana menduduki tahta kerajaan Sakya dan kemudian menikah dengan Putri Maya.
Pernikahan Raja Suddhohana dan Ratu Maya inilah yang diberkahi dengan kelahiran seorang putra tunggal yang dikemudian hari menjadi terkenal dengan nama BUDDHA GAUTAMA. (BERSAMBUNG,,,,,, )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar