Senin, 08 Agustus 2011

Professor Dan Pendayung Sampan

Pada suatu hari seorang professor sedang duduk disebuah sampan untuk menyeberangi sungai, dalam perjalanan professor mulai mengobrol dengan pendayung sampan ini.

Professor bertanya kepada pendayung sampan, “Apakah engkau mengerti sejarah?”
Pendayung sampan menjawab, “Saya tidak mengerti”
Professor bertanya lagi, “Apakah engkau mengerti perekonomian?”
Pendayung sampan menjawab, “Saya tidak mengerti”
“Lalu apa yang engkau bisa? Berhitung saya rasa engkau tentu bisa.” Professor dengan penasaran bertanya lagi.
“Maaf! Saya tidak mengerti apapun.” Pendayung sampan ini menjawab dengan jujur.
Professor dengan sombong menjawab, “Aduh! orang yang tidak mengerti apapun hidupnya sangat menyedihkan!”
Pendayung sampan bertanya kepada professor, “Apakah engkau bisa berenang?”
Professor berpikir sejenak menjawab, “Apapun saya bisa, hanya berenang saya belum belajar.”
 
Pada saat ini tiba-tiba angin kencang bertiup, karena angin kencang ini ombak berubah menjadi besar, sampan kecil ini  terbalik, dan kedua orang ini jatuh ke dalam sungai. Sang professor yang tidak bisa berenang sangat ketakutan dan berteriak teriak gelagapan meminta tolong.
Dengan keahliannya berenang, pendayung sampan ini menyelamatkan professor naik keatas pantai. Ketika sampai di tepian ia berkata, “Apapun saya tidak bisa, tetapi jika hari ini bukan karena saya, engkau sudah tidak mungkin bisa hidup lagi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar