Rabu, 03 Agustus 2011

Batu Besar

Suatu hari seorang dosen sedang memberi kuliah tentang manajemen waktu pada mahasiswa MBA. Dengan penuh semangat ia berdiri depan kelas dan berkata " Okay, sekarang waktunya untuk kuis." Kemudian ia mengeluarkan sebuah ember kosong dan meletakkannya dimeja." Kemudian ia mengisi ember tersebut dengan batu, hingga tak ada tempat lagi yang tersedia untuk diisi batu. Ia kemudian bertanya pada kelas " Menurut kalian apakah ember ini telah penuh?"

Semua mahasiswa serentak menjawab "Ya."

Dosen kembali bertanya, " Sungguhkah demikian?" Kemudian dari dalam meja ia mengeluarkan sekantong kecil kerikil. Lalu menuangkan ke ember sambil mengocok2 ember tersebut hingga kerikil tersebut mengisi setiap ruang kosong di antara batu. Kemudian dosen kembali bertanya " Nah.. Apakah sekarang ember ini sudah penuh?'

Para mahasiswa kini terdiam, salah satu diantaranya kemudian menjawab " Mungkin tidak."

Dosen kemudian menjawab " Bagus." Sekarang dosen kembali mengambil sekantung pasir dan menuangkannya kedalam ember, lalu mengocok2nya lagi sampai pasir mengisi ruang dalam ember.
 Sekali lagi ia bertanya, " Baiklah, apakah sekarang ember ini telah penuh?"

Kali ini seisi kelas dengan lantang menjawab "Belum."

"Bagus, Bagus sekali." Kali ini ia mengambil sebotol air dan kemudian menuangkannya kedalam air hingga air meluber keluar ember. Lalu ia menoleh ke seluruh isi kelas dan bertanya, " Tahukah kalian, apa arti ilustrasi ini ?'

Seorang mahasiswa dengan semangat mengacungkan jari dan menjawab " Maksudnya adalah tak perduli seberapa padat jadwal kita, kalau kita mau sekuat tenaga mengerjakan, kita pasti akan bisa melakukannya."

"Oh.. bukan, bukan itu maksudnya," Kata dosen. " Kenyataan dari ilustrasi mengajarkan kita bahwa bila anda tidak memasukkan 'batu besar' terlebih dahulu maka anda tidak dapat memasukkan semuanya"

"Yang dimaksud dengan batu besar adalah anak - anak anda, pasangan anda, pendidikan anda, hal penting dalam hidup anda mengajarkan anda: mengajarkan sesuatu pada orang lain, melakukan pekerjaan yang kau cintai, waktu untuk diri anda sendiri, kesehatan anda, teman anda, atau semua yang berharga."

Ingatlah untuk selalu memasukkan 'Batu Besar' terlebih dahulu atau anda akan kehilangan semuanya.







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar