Minggu, 02 Oktober 2011

Semakin Tergesa - gesa Semakin Lambat

Satu orang anak muda mendaki gunung ingin belajar  ilmu pedang pada seorang guru pedang tersohor.
Sambil berlutut dia bertanya pada gurunya, " Guru, jika saya belajar dengan tekun, berapa lama baru saya bisa berhasil?" Setelah berpikir sejenak, gurunya kemudian berkata " Hm.. Mungkin sepuluh tahun lagi."

Sang pemuda merasa khawatir kemudian bertanya lagi " Ayahku sudah semakin tua dan saya harus merawatnya. Jika saya belajar lebih giat lagi, berapa lama saya baru bisa berhasil?" Mendengar penuturan sang murid, guru kembali berpikir. Kemudian beliau menjawab " Dalam hal ini, bisa jadi 30 tahun."

Merasa kesal akan jawaban sang guru, sang murid lalu bertanya lagi " Mulanya guru menyebut sepuluh tahun, lalu tiga puluh tahun. Saya bersedia menempuh jalan sesulit apapun. Saya mesti mempelajarinya dalam tempo yang sesingkat - singkatnya." Sang guru menjawab " Kalau begitu kamu perlu tujuh puluh tahun."

Renungan ; Mereka yang terburu - buru mengharapkan hasil, cenderung tidak mendapatkan apapun pada akhirnya. Ungkapan "Perhatian pada peristiwa sehari - hari adalah jalan keluarnya. " mempunyai arti seperti yang dimaksudkan cerita ini.

Sumber : Buku Zen Membebaskan Pikiran

1 komentar:

  1. maka itu bersabarlah,tekun,n rajin dalam belajar apapun ,yg penting jangan belajar yg tidak baik,,, hehehe,, {^_^}

    BalasHapus