Selasa, 18 Oktober 2011

Belajar Pada Burung dan Cacing

Bila kita sedang mengalami kesulitan hidup karena himpitan kebutuhan materi, maka cobalah kita ingat pada burung dan cacing.

Kita lihat burung tiap pagi keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Tidak terbayangkan sebelumnya kemana dan dimana ia harus mencari makanan yang di perlukan. Karena itu kadangkala sore hari ia pulang dengan perut kenyang dan bisa membawa makanan untuk keluarganya, tapi kadang ia harus "puasa" agar makanan yang ia bawa cukup untuk keluarganya. Bahkan sesekali ia pulang tidak bawa apa - apa untuk keluarganya sehingga mereka harus "puasa".

Merkipun burung seringkali mengalami kekurangan makanan karena tidak punya "kantor" yang tetap, apalagi setelah lahannya di serobot manusia, Namun yang jelas kita tidak pernah melihat ada burung yang bunuh diri kan??

Kita tidak pernah melihat ada burung yang tiba - tiba menukik membenturkan kepalanya ke batu cadas. Kita tidak pernah melihat ada burung yang tiba - tiba menenggelamkan dirinya ke sungai. Kita tidak pernah melihat ada burung yang memilih racun untuk mengakhiri penderitaannya. Burung tetap optimis akan rejeki yang di berikan Allah.

Walaupun kelaparan, burung tetap berkicau dengan merdunya. Tampaknya burung menyadaribenar bahwa demikian lah hidup adanya Terkadang berada diatas dan dilain waktu terhempas ke bawah. kadang kenyang, kadang lapar.

Lalu mari kita lihat mahluk yang lebih lemah dari burung, cacing. Kalau kita perhatikan binatang ini seolah tak punya sarana yang layak untuk survive. ia tidak punya tanduk, kaki, tangan, mata ataupun telinga. Tetapi ia sama seperti mahluk lain yang kalau tidak makan tentu akan mati. Dengan segala keterbatasannya kita tidak pernah melihat ada cacing yang tiba - tiba membenturkan kepalanya bukan??

Lalu tengoklah manusia. Mahluk yang di berkahi banyak kelebihan dan sarana yang jauh lebih canggih ini justru banyak yang ditemukan bunuh diri karena putus asa.

Rupa - rupanya kita masih perlu banyak belajar dari Burung dan Cacing

Sumber : buku 1000 kata motivasi ampuh

2 komentar:

  1. hehehe,,betul,betul,,, maka kebenaran hidup terjadi di kehidupan sehari -hari,maka belajar pada cacing n burung" I believe I can fly""... hahaha...:-D

    BalasHapus