Rabu, 05 Oktober 2011

Bakti Mengharukan Tuhan

Yii Suen adalah anak dari Ku Sou. Dia sangat berbakti sekali kepada orang tuanya. Ayahnya adalah seorang yang keras kepala dan tidak tahu sopan santun. Sedangkan ibu tirinya adalah seorang yang tidak mempunyai rasa kesetiaan dan sifat pegangn janji. Adiknya bernama Siang, juga seorang yang sifatnya kasar dan keras kepala, sama sekali tidak menghormati abangnya. Suen selalu bertani di gunung Li San.

Saat dia bertani ada gajah dengan memakai belalainya membantu Suen membajak sawah. Juga ada burung dengan cakar kakinya yang runcing membantu Suen mencabuti rumput - rumputan.

Sifat baktinya yang demikian tulus sampai membuat binatang pun terharu. Akhrinya raja Yao yang sedang memerintah saat itu mengetahui adanya Suen yang begitu berbakti, sang raja kemudian mengutus 9 orang lelaki untuk membantu Suen. Bahkan kedua anak gadisnya sendiri dinikahkan dengan Suen.

Ketika raja sudah tua, takhta kerajaan pun akhirnya diserahkan kepada Suen.

Syair : Segerombolan gajah membajak sawah banyak sekali burung terbang kesana kemari mencabuti rumput. Meneruskan kedudukan raja Yao meduduki Takhta, sifat bakti mengharukan Tuhan.

Sumber : Kisah 24 Bakti ke 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar