Senin, 17 Oktober 2011

Buddha Di Rumah

Suatu hari Yang Pu Saw meninggalkan rumah dan pergi ke propinsi Si Chua untuk mengunjungi seorang Bodhisatva. Di tengah perjalanan, Yang Pu Saw bertemu dengan seorang pertapa bijak. Lalu pertapa tersebut bertanya kepada Yang Pu Saw " Hendak kemana anak muda?" Yang Pu Saw dengan gembira menjawab " Saya hendak jadi murid Bodhisatva"

Pertapa tua sejenak berfikir kemudian menjawab " Daripada mencari Bodhisatva, kan lebih baik mencari Buddha, Betul tidak ?" Yang Pu Saw kemudian berfikir, wah ucapan Pertapa ini benar juga ya... " Cari Budha dimana Mbah?"  Dengan bijak Pertapa menjawab " Sekarang kembalilah kamu kerumah, Waktu kamu tiba di rumah, kamu akan disambut oleh orang yang memakai handuk dengan sandal terbalik. Nah, orang itulah buddha."

Yang Pu Saw dengan termangu - mangu menuruti perkataan pertapa tersebut. Maka kembalilah dia pulang ke rumah. Ketika tiba dirumahnya, hari telah gelap. Ibunya mendengar suaranya didepan pintu sangat bahagia sehingga ia begitu saja memakai handuk tanpa sempat berpakaian lagi dan bahkan memakai sendalnya secara terbalik. Ia melesat keluar dan ketika Yang Pu Saw melihat ibunya, ia terpesona.

Renungan : Orang bisa saja berjalan jauh mencari kebenaran. Tetapi ia harus menyadarinya dalam dirinya sendiri atau ia tidak akan menemukannya.

Sumber : Buku Zen Membebaskan Pikiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar