Senin, 26 Desember 2011

Wang Wen Zheng

Konon pada jaman Tiongkok kuno terkenal seorang hakim yang sangat sabar, beliau tak pernah marah walau sekalipun. Tak pernah ada yang melihatnya marah atau pun menggerutu.


Suatu hari keluarganya ingin menguji tingkat kesabarannya. Mereka menghidangkan semangkuk nasi putih yang bersih dan semangkuk sop daging dengan kotoran diatasnya.Saat Wang Wen Zheng melihat kotoran tersebut, beliau dengan tenang menyantap nasi putih tanpa lauk sampai habis.


Suatu ketika tetangga Wang Wen Zheng sedang membangun rumah, ia menumpukkan bahan bangunan dan gunungan semen di pagar Wang Wen Zheng sehingga beliau tidak bisa masuk rumah melalui pagar depan. Wang terpaksa melewati pintu samping yang kecil dan pendek sehingga setiap kali masuk ia harus merunduk.
Namun Wang tidak complain atau menggerutu kepada siapapun. Terus hingga tetangga Wang selesai membangun rumah sehingga pagarnya dapat digunakan kembali.


Toleransi dan sifat memaafkan yang ditunjukkan Wang adalah teladan bagi manusia sekarang yang umumnya tidak terima apabila dirugikan oleh orang lain.


Sumber : Milis Budaya Tionghoa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar