Selasa, 27 September 2011

Pencerahan Ombak

Suatu hari Ombak kecil curhat pada Ombak besar.

Ombak Kecil : Ombak besar, saya stres lho. Gelombang lain begitu gagah sedangkan saya begitu kecil. Yang lain begitu kuat sedangkan saya begitu tak berdaya....
Ombak Besar : Kamu merana karena kamu belum melihat hakikat dirimu yang sejati.
Ombak Kecil : Lalu, saya ini apa kalau bukan gelombang?
Ombak Besar : Gelombang hanyalah bentuk sementara dari hakikat dirimu. Sesungguhnya engkau adalah air. Saat engkau sadar bahwa sesungguhnya engkau adalah air, engkau tak akan lagi tertipu oleh bentuk - bentuk gelombang. Dengan sendirinya engkau tak akan merana lagi.
Ombak Kecil : Saya mengerti sekarang. Saya adalah kamu, kamu adalah saya. Kita ini satu.

Renungan : Manusia itu egois, yang satu berpikir bahwa "diri" itu adalah "saya" sehingga lalu membeda - bedakan dirinya dari orang lain, lalu sengsara. Sesungguhnya manusia adalah melainkan satu dari unsur - unsur keagungan alam.

Sumber : Buku Zen Membebaskan Pikiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar